Breaking News

Jum'at Curhat Bersama Kapolda Babel, Ini Pesannya




LD Online - Batu Belubang,Dalam rangka cipta kamtibmas yang aman dan kondusif serta penyampaian masukkan ataupun keluhan masyarakat terkait kejahatan dan gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polresta Pangkalpinang.

Program ini merupakan wujud dari Program 3 Optimalisasi Pelayanan Publik Quick Wins Presisi POLRI.

Jum'at curhat bersama Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Irjen. Pol. Drs. Yan Sultra Indrajaya, SH di Desa Batu Belubang, Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jum'at (13/01/2023).

Kegiatan tanya jawab ini tentang persoalan yang menanggapi sitkamtibmas di Desa Batu Belubang.

Upaya penekanan langkah-langkah pihak kepolisian menerima dan menampung aspirasi masyarakat untuk memperbaiki sistem kinerja Polri serta permasalahan sosial dilingkungan masyarakat baik secara eksternal maupun internal.


Sumbangsih terhadap nelayan di Desa Batu Belubang Kapolda Babel menyampaikan, "Kebersamaan Polair dan Bhabinkamtibmas sumbangsihnya untuk menjaga ketertiban masyarakat baik di laut maupun di darat. Contohnya pada masa pandemi covid-19 ada pembagian sembako dan sebagainya, serta tugas pokok kami bagaimana kegiatan masyarakat dapat berjalan lancar dan aman, baik di sekitaran pesisir maupun di darat", tuturnya.

"Apapun yang masyarakat hari ini akan saya catat sehingga dapat bisa direalisasikan dan ditindaklanjuti oleh anggota dilapangan".

Misalnya ada kejadian maling, penabrakan kemudian korban meninggal dunia yang terjadi secara bersamaan kasus tersebut akan ditangani semuanya dan tergantung situasinya dan kecepatan laporan. 

"Cepat atau tidak begitupun terkait kecelakaan, apabila ada korban selamatkan korban terlebih dahulu setelah itu lapor polisi", ucap Yan Sultra.

Terkait masalah narkoba Yan Sultra menanggapi, "ini merupakan musuh bersama di seluruh Indonesia dan ditanangi bukan hanya polisi tapi bisa berkoordinasi dengan BNNP. Narkoba ini bisa merusak saraf otak".

"Kita semua harus saling berkoordinasi antar keluarga, RT, RW, dan warga sekitar. Cepat lapor ke polisi biar cepat ditindaklanjuti dan jangan dibiarkan agar tidak tidak meresahkan masyarakat di wilayah sekitar".

Terkait masalah penangkapan narkoba, kenapa habis itu dibebaskan dan tidak diproses padahal sudah jelas ada barang buktinya.

Kapolda Babel menanggapi terkait penangkapan, "Bila ada atau tidak datanya, kalau memang terjadi tolong lapor dan sampaikan kepada saya, karena Kalau tidak ada laporan kepada saya, bagaimana saya bisa menindaklanjuti terkait masalah itu. Karena saya sangat mengantensi kepada anggota saya terkait narkoba ini", jawabnya tegas.

"Akan tetapi kalau memang tidak ada barang bukti yang cukup itu memang tidak dapat diproses".

Untuk masalah perizinan nelayan nanti akan dikoordinasikan kepada Sabandar terkait perizinan melaut. Pelaporannya dapat dilakukan 1 bulan sekali dan yang paling terpenting jangan dihambat-hambat terkait masalah perizinan pergi melaut ini.

Kemudian Kades Batu Belubang H. Ahirman juga menanyakan patroli anggota polisi di wilayah Desa Batu Belubang pada waktu malam hari.

"Pak Kopolres, perintahkan kepada anggota terkait patroli maupun sambang ke desa-desa terkait jam malam dan jam rawan. Nanti apabila tidak yang patroli tolong laporkan karena saya akan cek. Masalah tindaklanjut curhatan kita pagi hari ini hingga seminggu kedepan harus sudah ada perubahan" tanggap Kapolda Babel.

Kemudian kegiatan ini juga dilanjutkan dengan pembagian beras 5 kg sebanyak 50 karung kepada keluarga kurang mampu oleh Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Irjen. Pol. Drs. Yan Sultra Indrajaya, S.H., yang didampingi oleh Dir Polairud Polda Kepulauan Bangka Belitung KBP. Agus Triwaluyo, S.I.K, M.H, Kapolresta Pangkalpinang KBP. Gatot Yulianto, S.I.K, M.HP, Kapolsek Pangkalan Baru Iptu Taufan Arif N. S.IK. (LD)

0 Komentar

© Copyright 2022 - Media Lensa-Digital.com