Breaking News

Kakanwil Kemenkumham Babel Melaksanakan Kunker ke Bangka Selatan



LD - Online Toboali,Basel - Wakil Bupati Bangka Selatan Debby Vita Dewi bersama beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sambut baik kunjungi kerja (kunker) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Daerah Kepulauan Bangka Belitung (Babel) di ruang kerja Wakil Bupati Debby Vita Dewi, Kamis (05/01/2023).

Dalam kunker tersebut ada beberapa poin dari pembahasan yang di lakukan oleh Kakanwil Kemenkumham Babel Harun Sulianto, terutama menjalin silahturahmi dan sinergitas antara Kemenkumham Babel dengan pemeritah daerah Kabupaten Basel.

Wakil Bupati Kabupaten Basel Debby Vita Dewi menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi sekaligus menyambut baik kedatangan kungker dari Kakanwil Kemenkumham Babel bersama rombongannya di Kabupaten Basel.

"Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Basel sambut baik kedatangan Kakanwil Kemenkumham Babel dan rombongan. Silahturahmi kali ini sekaliangus membahas dan meninjau lokasi rencana pembangunan Lapas di wilayah Kabupaten Basel," ujarnya.

Dirinya juga mengatakan pihak Pemkab Basel akan menyerahkan hibah tanah beserta sertifikat untuk relokasi pembangunan Lapas di wilayah Kabupaten Basel seluas 4 sampai 5 hektar.

"Jadi pembahasan yang kami lakukan untuk pembanguan lahan lapas yang nantinya pihak Pemkab Basel akan menghibahkan lahan seluas 4 atau 5 hektar, bukan hanya lahan saja kita bantu akan tetapi termasuk fasilitas jalan pun kita bangun kedepannya," Kata Wakil Bupati Basel Debby Vita Dewi.

Selain itu, Wakil Bupati Basel Debby Vita Dewi berharap kedepan bisa bersinergitas dan akan terus terjalin dengan baik antara Pemkab Basel dengan Kanwil Kemenkumham Babel, setelah dibangunnya Lapas ini.

"Insya Allah kita akan menjalin komunikasi lebih baik lagi. Sebenarnya selama ini sudah terjalin baik tetapi kita akan lebih tingkatkan lagi kedepannya sinergitas dan silahturahmi," harap Debby.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Babel Harun Sulianto mengungkapkan bahwa dirinya baru menjabat sebagai Kepala Kanwil Babel. Maka dari itu dirinya bersama rombongan datang ke Basel untuk menjalin silahturhami  dengan Pemkab Basel.

"Alhamdulilla, kami sangat mengucapkan terima kasih banyak atas sambutannya, ini suatu yang sangat luar biasa. Saya sangat apresiasi sekali kepada Pemkab Basel," kata dia.

"Dalam pertemuan tadi untuk menjalin silahturhami dan ada tiga point yang kita sampaikan yaitu pertama terkait pembangunan Lapas di Desa Bikang dan hari ini sertifikatnya sudah diserahkan kepada kami dari BPN Basel," tambah Harun Sulianto.

Tidak hanya itu, Harun Sulianto menyebutkan Kanwil Kemenkumham akan melakukan koordinasi terkait tugas-tugas dari Kemenkumham di Basel terutama harmonisasi peraturan daerah, dan akan mempromosikan makan ciri khas Toboali ke luar daerah serta di daftarkan kekayaan intelektual nantinya.

"Utuk pembangunan Lapas di Kabupaten Basel akan dilakukan secara bertahap dan tidak bisa dilakukan secara cepat serta butuh waktu lumayan yang lama. Tentunya sekarang ini sedang proses," sebut Harun.

Kemudian dirinya menjelaskan bahwa pembangunan lapas tidak bisa setahun langsung jadi, harus dilakukan secara bertahap karena membutuhkan anggaran yang besar dan mudah-mudahan segara di bangun walaupun secara bertahap nantinya.

"Untuk anggaran pembanguan lapas, sudah didapatkan kurang lebih Rp 7 miliar pembangunan awal khusus daerah Kabupaten Basel, walaupun bertahap yang terpenting terselesaikan. Karena memang tidak bisa cepat tetapi ada proses yang mungkin memakan waktu lama," jelas Kakanwil Kemenkumham Babel Harun Sulianto. ( Red/Tcc).

0 Komentar

© Copyright 2022 - Media Lensa-Digital.com