Breaking News

Bupati Basel Hadiri Peringatan HUT Ke-20 Kabupaten Basel Di Lepar

 LD Com 17 Mei 2023

LD.com – Lepar, Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP bersama rombongan menghadiri Festival Mancing, Lempah Kuning dan Budaya Ngarak Serujo Kue Badak dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-20 Kabupaten Bangka Selatan di Kecamatan Lepar Tahun 2023, Selasa (16/5/23).

Digelarnya Festival Mancing, Lempah Kuning dan Budaya Ngarak Serujo Kue Badak ini menandakan bahwa ketiga kegiatan tersebut merupakan rutinitas budaya masyarakat yang ada di Kecamatan Lepar dan mengandung filosofi didalamnya.

Adapaun filosofi dari kegiatan tersebut yaitu Festival Mancing berarti sebagian besar masyarakat Lepar mencari nafkah dengan memancing, Festival Lempah Kuning berarti makanan khas masyarakat Lepar dari turun temurun adalah lempah kuning, dan Ngarak Serujo Kue Badak merupakan arakan kue kebesaran yang dilakukan oleh masyarakat Kecamatan Lepar pada acara adat, kue tersebut terbuat dari ubi dan abon ikan.Saat memberikan sambutan, Bupati Riza Herdavid mengapresiasi terselenggaranya beragam kegiatan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-20 Kabupaten Bangka Selatan di Kecamatan Lepar.

“Pada hari ini saya telah melihat bahwa Kecamatan Lepar sungguh luar biasa, dengan anggaran yang cukup minim mampu melaksanakan kegiatan seperti ini. Saya yakin dan percaya bahwa ini adalah berkat kerjasama pihak kecamatan dengan seluruh element masyarakat dan stakeholder yang ada di Kecamatan Lepar,” ujarnya.

Selanjutnya, dalam kesempatan yang baik ini Bupati Riza Herdavid menyampaikan akan berusaha menambah anggaran di kecamatan sehingga bisa memaksimalkan kegiatan yang memberi dampak untuk masyarakat.

“Saya akan berusaha untuk menambahkan anggaran yang ada di kecamatan sehingga kegiatan-kegiatan yang memberikan dampak kepada masyarakat di kecamatan akan lebih maksimal,” ungkapnya.

Menutup sambutannya Bupati Riza Herdavid mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia dan seluruh masyarakat Lepar yang sudah bahu membahu dan bersama-sama melaksanakan dam mensukseskan acara tersebut.

Ragam festival yang dilaksanakan Kecamatan Lepar baik dari Festival Mancing, Lempah Kuning sampai Budaya Ngarak Serujo Kue Badak berlangsung seru dan menarik bahkan Bupati Riza Herdavid pun ikut memancing bersama peserta melihat animo dan semangat peserta festival mancing yang luar biasa.

Diskominfo Bangka Selatan

0 Komentar

© Copyright 2022 - Media Lensa-Digital.com