Breaking News

Dinas π–ͺπ–Ύπ–»π—Žπ–½π–Ίπ—’π–Ίπ–Ίπ—‡ dan Pariwisata (Disbudpar) Bangka Barat, Gelar 𝖯elatihan π–ͺebersihan π–«π—‚π—‡π—€π—„π—Žπ—‡π—€π–Ίπ—‡

Dinas Kebudayaan dan Priwisata Babar gelar pelatihan  keberrsihan lingkungan, sanitasi dan pengelolaan sampah

LD Com -  Bangka Barat, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melalui Dinas π–ͺπ–Ύπ–»π—Žπ–½π–Ίπ—’π–Ίπ–Ίπ—‡ dan Pariwisata (Disbudpar) gelar 𝖯elatihan π–ͺebersihan π–«π—‚π—‡π—€π—„π—Žπ—‡π—€π–Ίπ—‡, 𝖲anitasi dan 𝖯engelolaan 𝖲ampah di 𝖣estinasi π–Άπ—‚π—Œπ–Ίπ—π–Ί 𝖽𝖾𝗇𝗀𝖺𝗇 𝖣𝖺𝗇𝖺 𝖣𝖠π–ͺ π–­π—ˆπ—‡ π–₯π—‚π—Œπ—‚π—„ π–―π–Ίπ—‹π—‚π—π—‚π—Œπ–Ίπ—π–Ί π–³π–Ίπ—π—Žπ—‡ 𝖠𝗇𝗀𝗀𝖺𝗋𝖺𝗇 𝟀𝟒𝟀𝟦.

Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Bangka Barat diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan 𝖲𝖾𝗍𝖽𝖺 π–ͺπ–Ίπ–»π—Žπ—‰π–Ίπ—π–Ύπ—‡ Bangka Barat, Heru Warsito, di Hotel YasminStar Mentok, Rabu (19/06). 𝖯𝖾𝗅𝖺𝗍𝗂𝗁𝖺𝗇 𝗂𝗇𝗂 π–»π–Ύπ—‹π—…π–Ίπ—‡π—€π—Œπ—Žπ—‡π—€ π—Œπ–Ύπ—…π–Ίπ—†π–Ί 𝗍𝗂𝗀𝖺 𝗁𝖺𝗋𝗂 (𝟣𝟫 π—Œ.𝖽 𝟀𝟣 π–©π—Žπ—‡π—‚ 𝟀𝟒𝟀𝟦). 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata π–ͺπ–Ίπ–»π—Žπ—‰π–Ίπ—’π–Ύπ—‡ Bangka Barat, Muhammad Ali selaku panitia penyelenggara mengatakan, kegiatan ini diikuti sebanyak 40 orang peserta yang berasal dari pengelola daya tarik wisata, pengelola desa wisata, Pokdarwis dan penggerak wisata di Kabupaten Bangka Barat.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan motivasi dan kemampuan serta kesadaran para pengelola daya tarik wisata dan desa wisata dalam melaksanakan kebersihan lingkungan, sanitasi dan pengelolaan sampah di 𝗍𝖾𝗆𝗉𝖺𝗍/π–½π–Ύπ—Œπ—π—‚π—‡π–Ίπ—Œπ—‚ wisata dan desa wisata yang dikelolanya sehingga memberikan nilai tambah bagi lingkungan sekitar,” ujarnya.

Kebersihan lingkungan 𝗍𝖾𝗆𝗉𝖺𝗍 wisata adalah hal yang mutlak dibutuhkan oleh setiap wisatawan yang akan berkunjung ke destinasi π—π—‚π—Œπ–Ίπ—π–Ί, 𝗒𝖺𝗇𝗀 π—†π–Ύπ—‹π—Žπ—‰π–Ίπ—„π–Ίπ—‡ π—π—Žπ—ƒπ—Žπ–½ 𝖽𝖺𝗋𝗂 π—Œπ–Ίπ—…π–Ίπ— π—Œπ–Ίπ—π—Ž 𝖲𝖺𝗉𝗍𝖺 π–―π–Ύπ—Œπ—ˆπ—‡π–Ί. Dengan kawasan wisata yang selalu terjaga kebersihannya, tambah Ali, tentu akan membuat pengunjung betah berlama lama menikmati keindahan tempat wisata khususnya di Kabupaten Bangka Barat yang kita cintai.

 

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bangka Barat, Heru Warsito, mengatakan aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan adalah 7 unsur yang terdapat di dalam Sapta Pesona.

“Penerapan Sapta Pesona merupakan salah satu upaya dalam memberikan pelayanan prima kepada wisatawan khususnya untuk desa wisata dan pengelola destinasi wisata,” ujarnya.

Dikatakan, salah satu unsur Sapta Pesona tersebut yaitu bersih, dalam pengertian lingkungan, kualitas produk dan pelayanan di destinasi wisata yang mencerminkan keadaan yang sehat, memberikan rasa nyaman dan senang bagi wisatawan dalam melaksanakan perjalanan atau kunjungan.

“Setelah terciptanya kebersihan dan sanitasi di destinasi wisata, maka secara tidak langsung akan menciptakan suasana yang indah dan menarik serta memberikan kesan yang mendalam bagi wisatawan, sehingga mereka ingin berkunjung kembali dan mendorong promosi ke pasar wisatawan yang lebih luas,” jelasnya.

Ia berharap, setelah mengikuti penelitian ini para peserta mampu mempelajari manajemen pengelolaan sampah di destinasi wisata, sehingga sampah tidak lagi menjadi permasalahan berkelanjutan yang tidak ada solusinya.( YN)

Sumber Dinas Pariwisata Bangka Barat

0 Komentar

© Copyright 2022 - Media Lensa-Digital.com